Sabtu, 10 Januari 2009

Gimana Ya Pesawat Bisa Terbang


Pernah ga kawan terpikir gimana yaa...pesawat seberat hampir 70 ton (Boeing 737 300/400/500) bisa terbang, sedangkan truk tronton seberat 5 ton aja ga bisa terbang? Dulu saya ga tau loo gimana pesawat bisa terbang, setelah masuk ke Garuda, saya baru ngehh...oo, gitu toh. Makanya, kalau ada temen temen yang penasaran, nih saya ulas sedikit.

Pesawat terbang memiliki meghasil gaya angkat yang bernama sayap (wing) berikut saya kasih tau bagian-bagian pesawat. Lihat saja gambar dibawah ini.

Sayap pesawat itu kalau dipotong memiliki penampang yang dinamakan airfoil, dengan kaidah hukum Bernoulli, airfoil ini menghasilkan gaya angkat. Gaya angkat ini disebabkan karena adanya perbedaan tekanan antara permukaan bagian bawah sayap yang lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan sayap bagian atas. Gambar airfoil ini dapat kawan-kawan lihat dibawah ini.












Sebenarnya yang membuat perbedaan tekanan ini adalah aliran udara relatif yang disebabkan oleh gaya dorong yang dihasilkan mesin/engine pesawat. Secara umum, karakteristik sayap yang dipasang di pesawat itu tidak stabil. Jadi pesawat dengan sayap saja tidak akan bisa terbang, makanya perlu tambahan ekor berupa ekor tegak dan datar untuk menstabilkan pesawat secara longitudinal, lateral, direksional. Ekor datar juga berfungsi untuk menggerakkan pesawat terbang menanjak/naik (karena ada elevator) dan ekor tegak untuk menggerakkan pesawat terbang belok kiri dan kanan (karena ada rudder).
Gimana teman? ada yang mau ditanyakan? kalau ada komentar silahkan di post, kalau ada yang berminat saya akan ulas lebih detail lagi yaa. ditunggu commentnya.
Courtesy of Kusuma JW
Adopted by Arif BS.

















































4 komentar:

  1. makasih buat rekan kerja ku (kusuma warjaya )yg bersedia mmeberikan ilmunya ...oya klo ada waktu mungkin bulan depan aq akan bahas ttg kehidupan di airline terutama di "garuda -indonesia "

    dan klo ada yg tau dokter2 muda(only cewek :)) boleh kita tukaran link nanti q kasih link ke engineer muda garuda..umumnya masih pada jomblo loo ya baru 1-2 lulus kuliah siapa tau blog dokter2 muda kasih tau aq ya ..thx ;;)

    BalasHapus
  2. tambahan rekan kantar 1 ini merupakan enginer bagian power plant garuda indonesia,dia lulusan teknik penerbangan itb dengan cumlaude,,klo aq sih yg jelaskan kurang detail seperti kusuma ,jadi ya di persilakan aja ke yg ahlinya :d

    BalasHapus
  3. foil sistem di sayap pesawat juga d pake di ruddernya kapal lho mas... hehehe...

    Salam Success,

    BalasHapus
  4. iya deh percay ..kan arek FTK (perkapalan) wwkk klo aq sih gertinya alat2 yg ada listriknya dan ttg elektro biomedik.tapi skrng harus dari nol lagi belajar pesawt :))

    BalasHapus